Mitos Tentang kalori

Mitos yang meyakini bahwa kalori merupakan faktor utama yang berkaitan dengan berat badan sebenarnya berasal dari suatu teori yang menyatakan berat badan ideal adalah keseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang keluar. Menurut teori lmu gizi 0,5kg berat badan setara dengan 3500 kalori.
Selama ini nilai kalori makanan ditentukan berdasarkan panas hasil pembakaran makanan dalam sebuah mesin sederhana yang disebut BOMB CALORIMETER.Namun cara kerja mesin ini terlalu sederhana jika dibandingkan dengan fungsi tubuh yang sangat rumit.Sehingga,nilai panas makanan yang dihasilkan mesin belum tentu akurat dengan panas yang dihasilkan oleh tubuh.

Selain itu diet-diet rendah kalori yang ada selama ini juga kurang memperhatikan efek penyimpangan,pemanasan,maupun pengolahan makanan yang juga berpotensi menurunkan nilai gizi makanan.Berkurangnya masukan gizi secara terus-menertus dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tubuh kehabisan energi.Dan energi yang tersisa tidak akan cukup untuk membakar kalori makanan yang baru saja masuk.

Penurunan berat badan tidak akan pernah terjadi jika tubuh tidak cukup energi.Tubuh baru memperoleh gizi setelah makanan yang kita makan dicerna,diserap,diolah,dan dimetabolisasi oleh tubuh.Kalori hanya sebagian kecil dari proses metabolisasi.tanpa proses pencernaan dan penyerapan,proses pengolahan dan metabolisasi juga tidak mungkin terjadi.Dan lagi,sebagian besar panas hasil metabolisasi makanan lebih banyak dipergunakan untuk menjaga kestabilan suhu tubuh,bukan untuk memproduksi energi kembali.

sumber : food combining karangan andang gunawan

0 Response to "Mitos Tentang kalori"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme